Kecerdasan Musikal : Potensi yang Perlu Diasah - BLOG.FISELLA®

Kamis, 06 April 2023

Kecerdasan Musikal : Potensi yang Perlu Diasah



Selama ini banyak orang merasa dirinya tidak pintar hanya karena nilai matematikanya tidak sempurna. Benarkah begitu? Howard Gardner, seorang psikolog dari Harvard mengemukakan teori Multiple intellegence atau kecerdasan ganda pada tahun 1983. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa manusia memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Multiple intellegence terdiri dari kecerdasan intrapersonal (cerdas diri), kecerdasan kinestetik (cerdas gerak), kecerdasan visual-spasial (cerdas gambar-warna), kecerdasan linguistik (cerdas kata), kecerdasan interpersonal (cerdas sosial), kecerdasan musikal (cerdas musik), kecerdasan naturalis (cerdas alam), dan kecerdasan eksistensial (cerdas hakikat). 

Seseorang yang memiliki kecerdasan musikal akan memiliki kepekaan terhadap pola irama, melodi, warna suara, dan berbagai hal terkait musik. Kecerdasan musikal ini dapat dilatih sejak usia dini dengan memperkenalkan anak pada unsur-unsur musik. Pada anak-anak, kecerdasan musikal bisa dilihat langsung ketika anak diajak bernyanyi atau bermain alat musik. Anak dengan kecerdasan musikal akan mampu menangkap atau menirukan pola melodi dengan baik. Selain itu anak juga dapat menyanyikan nada dengan ritmis yang tepat. 

Setiap kecerdasan tentu perlu diasah tidak terkecuali kecerdasan musikal. Ketika seseorang memiliki kecerdasaan ini pastinya ia memiliki potensi di bidang musik.  Proses pengembangan potensi ini tidak lepas dari faktor eksternal seperti lingkungan, sekolah, dukungan orang tua, teman, dan sebagainya. Apabila seseorang memang dirasa memiliki kecerdasan musikal, ada baiknya untuk segera mencari guru atau mentor yang tepat untuk membantu mengembangkan kecerdasan tersebut. Namun perlu diingat, mengembangkan potensi bukanlah hal yang instan. Proses ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Seseorang perlu konsisten dalam berlatih agar mendapat hasil maksimal. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda