Cara Cepat Mengulik Lead atau Rhythm Gitar dan Struktur Pembentuk Tabulature Gitar - BLOG.FISELLA

Rabu, 01 September 2021

Cara Cepat Mengulik Lead atau Rhythm Gitar dan Struktur Pembentuk Tabulature Gitar

Cara Cepat Mengulik Lead atau Rhythm Gitar dan Struktur Pembentuk Tabulature Gitar

Kita pasti sering mendengarkan lagu dan merasa terbawa dengan lead gitar baik itu pada intro, interlude, maupun outro atau juga sering merasa penasaran dengan petikan rhythm gitar yang nada-nadanya sangat sopan di telinga kita dan membuat rasa penasaran sehingga menimbulkan tanda tanya dalam diri kita; Bagaimana ia (gitaris) melakukan hal tersebut? Cara untuk mengulik permainan tersebut bagaimana? Dan lain-lain.

Terdapat dua tips untuk ngulik lead atau rhytm dengan cepat, yang pertama adalah dengar , analisa, dan hafal lead atau rhythm yang ingin kita ulik. Namun jika kita tidak memiliki kemampuan mendengar dan menganalisa yang baik, kita dapat mencari tablature atau tab gitar lagu yang akan diulik.

Tablature atau biasa disingkat Tab adalah catatan permainan musik dalam bentuk visual atau tertulis. Biasanya tab gitar ditulis menggunakan angka yang melambangkan urutan fret dan enam garis panjang horizontal yang melambangkan 6 senar pada gitar serta membacanya juga sama seperti membaca tulisan yaitu dari kiri ke kanan.

Struktur pembentuk tablature :

Garis Senar
Enam garis yang terdapat dalam tab menunjukan enam senar gitar, yang biasa Digambar dengan garis Panjang atau garis putus-putus.

Keterangan Senar
Catatan mengenai keterangan nada senar biasanya terdapat pada awal tab di bagian paling kiri, atau jika tidak terdapat keterangan, kita perlu memahami bahwa urutan nada E A D G B E diurutkan dari bawa atau gampangnya adalah senar 6 pada gitar adalah garis paling bawah pada tablature, tinggal diurutkan ke atas sesuai urutan senar.

Angka
Pada tab terdapat angka yang menunjukan urutan letak jari pada kolom fret menyesuaikan dengan garis senar.

Simbol
Pada tab terdapat simbol yang memberi petunjuk untuk menggunakan teknik permainan pada gitar. Adapun simbol-simbolnya sebagai berikut :
  1. Simbol Hammer on ( h atau ^). Contoh 3h5.
  2. Simbol Pull off ( p atau ^). Contoh 3p5.
  3. Simbol Bending (b). Contoh 3b5.
  4. Simbol r adalah nada yang tidak dimainkan. Contoh 3b5r3 artinya langsung di bending.
  5. Simbol Slide ( / ke arah bodi,\ ke arah neck).
  6. Simbol Legato slide (s).
  7. Simbol Shift sliding (S).
  8. Simbol Tremolo ( \ /). Contoh \5/.
  9. Simbol Vibrato ( ~ atau v ).
  10. Simbol Muting (X).
  11. Simbol Palm muting (PM).
  12. Simbol Tapping (t).
  13. Simbol Harmonics (<>). Contoh <6>.
  14. Simbol Pinch harmonics ([]). Contoh [3].
  15. Simbol Tapped harmonics (). Contoh (5).
  16. Simbol Trills (tr).
  17. Simbol Tremolo picking (TP).
Setelah kita mengerti bagian-bagian tab, kita mulai latihan dengan menggunakan tab yang ringan. Jika ingin langsung belajar sebuah melodi atau rhythm gitar, sebaiknya dihafal dulu nada-nadanya agar tidak kebingungan saat mengulik lead atau rhythm gitar pada tablature.


Sumber Gambar : Dansmedia.net

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda