Belajar gitar , lebih baik pakai : notasi balok atau tab gitar? - BLOG.FISELLA

Jumat, 20 Agustus 2021

Belajar gitar , lebih baik pakai : notasi balok atau tab gitar?

Sebagai gitaris, ada dua jenis partitur. Yang satu menggunakan not balok, yang satunya lagi menggunakan tab gitar. Sebelumnya saya akan menjelaskan definisi keduanya.

Notasi balok adalah sistem penulisan yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk tiap nada menunjukkan durasi dan ketinggian nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.


Sedangkan, tab gitar adalah sebuah metode atau media yang digunakan untuk menulis ataupun membaca permainan gitar dalam bentuk visual atau tertulis. Dalam tab gitar ada garis garis yang mewakili enam senar dalam urutan nada naik, dan angka pada senar tersebut memberi tahu Anda fret mana yang harus dipegang saat memainkan senar itu. Dan ada 2 jenis tab, yang satu tidak ada informasi ketukan, yang satu lagi ada informasi ketukan (ada garis penanda ketukan seperti di notasi balok).

Tab tanpa informasi ketukan :


Tab dengan informasi ketukan :



Sekarang saya akan jabarkan kelebihan dan kekurangan dari notasi balok dan tab gitar.

Kelebihan not balok :

·         Notasi standar memberikan informasi musik yang lengkap, dan beberapa panduan fingering khusus gitar dalam bentuk angka kecil di sebelah not. Petunjuk posisi fretboard ditunjukkan dengan angka Romawi di atas staff. Saat Anda menjadi lebih fasih, Anda dapat membaca dan memainkan musik secara real time yang belum pernah Anda dengar sebelumnya (tentu saja asalkan Anda mampu memainkannya secara fisik).

·         Anda bisa mengetahui nada dari not yang dibunyikan, karena posisi dari notasi balok. Semisal, anda tahu not ini adalah G (dari posisi notasi balok).

Kelemahan not balok :

·         Beberapa teknik gitar, seperti strumming, tidak mudah ditampilkan secara akurat dalam notasi standar.

·         Untuk mempelajari dan menguasai not balok butuh waktu yang tidak sedikit. Dan menghafal posisi gitar dengan not balok butuh latihan yang konsisten.

Kelebihan tab gitar :

·         Tab cukup jelas dan, dalam bentuk dasarnya, dapat dipelajari dalam waktu yang cepat.

·         Bisa mempermudah mengetahui posisi gitar.

Kelemahan tab gitar :

·         Sebuah gitar tunggal dapat memainkan lebih dari satu bagian pada saat yang sama seperti, misalnya, bassline plus melodi. Notasi dapat menunjukkan setiap baris secara terpisah dengan arah batang not (menunjuk ke atas atau ke bawah), tetapi tab tidak dapat menunjukkan ini, bahkan dengan simbol waktu yang disertakan.

·         Tidak ada informasi waktu yang diberikan dalam bentuk tablature yang paling dasar dan umum. Tab dengan informasi waktu memberikan lebih banyak informasi, tetapi agak sulit dipelajari.

Kesimpulan : Semua terserah kepada Anda dan tergantung kebutuhan. Anda bisa pakai tab gitar (tidak wajib belajar notasi balok )untuk belajar fingerstyle untuk for fun, atau ingin belajar strumming. Anda bisa pakai notasi balok jika anda ingin belajar gitar klasik atau jazz, ingin berkarir di music, ingin belajar musik lebih dalam. Anda juga bisa mempelajari keduanya.

Sekian.

Sumber artikel :

https://id.wikipedia.org/wiki/Notasi_musik

https://spinditty.com/learning/Guitar-tablature-versus-standard-music-notation

Foto :

https://www.pexels.com/photo/focused-black-girl-taking-notes-on-paper-6437589/ (Photo by Marta Wave)

https://images.app.goo.gl/9zRdEiFhUXGEGrb16

https://images.app.goo.gl/VdVRL6DSzDyZCmgq8

https://images.app.goo.gl/4s9TyaQLhNHiDL4g8

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda