Mengenal Sound Synthesis | Oscillator, Filter, dan ADSR - BLOG.FISELLA

Sabtu, 28 Agustus 2021

Mengenal Sound Synthesis | Oscillator, Filter, dan ADSR

 

Memahami Sound Synthesis Dasar | Oscillator, Filter, dan ADSR

Siapa sih yang nggak tahu dengan synthesizer? Sebuah instrumen musik electrophone (Baca: Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya), dimainkan dengan cara ditekan seperti piano atau keyboard yang lahir di Era Modern dengan berbagai macam suara yang dapat dihasilkan. Kalau sudah tahu dengan instrumen ini, sebaiknya kita kenalan dengan yang namanya Sound Synthesis.

Proses terciptanya suara dari instrumen synthesizer disebut Sound Synthesis yang memproses gelombang suara dari sinyal elektronik menjadi gelombang suara yang bisa didengar menggunakan instrumen dan amplifier. Untuk memahami dasar dari Sound Synthesis kita harus memahami Oscillator, Filter, dan ADSR.


Oscillator

Bagi teman-teman yang pernah mencoba software Digital Audio Workstation seperti FL Studio pasti tidak asing dengan oscillator. Plugins seperti 3xOsc adalah salah satu oscillator digital yang disediakan oleh FL Studio. Oscillator merupakan perangkat elektroakustik yang digunakan untuk menghasilkan sinyal dengan bentuk gelombang tertentu. Untuk memahami oscillator kita wajib memahami tiga hal berikut :

  • Frekuensi, pada prinsipnya frekuensi adalah banyaknya getaran dalam satu detik, getaran yang konstan akan menghasilkan nada. Satuan dari frekuensi adalah Hertz (Hz). Semakin banyak getaran maka nada akan semakin tinggi. Dalam oscillator frekuensi erat kaitannya dengan berapa banyak gelombang yang dihasilkan dalam satu detik.
  • Amplitude, seberapa besar suara keluar dari oscillator, dihitung dalam satuan Desibel (dB).
  • Bentuk gelombang, terdapat empat gelombang suara dasar yang wajib diketahui antara lain sine, sawtooth, square, dan triangle. Perhatikan gambar di bawah.

Setiap bentuk gelombang akan menghasilkan karakter suara yang berbeda, kalian bisa mencobanya dengan menggunakan plugins instrument 3xOsc di FL Studio.

Dengan mengkombinasikan empat bentuk dasar dari gelombang suara, serta melakukan pengaturan tertentu kita dapat menghasilkan berbagai macam suara, baik suara tiruan dari suara alami bahkan suara yang belum pernah ada sebelumnya.


Filter
Filter adalah proses membuang frekuensi yang tidak dibutuhkan sehingga erat kaitannya dengan pemahaman rentang frekuensi dan equalizer, Baca artikel Belajar Mixing Audio - Mengenal Frequency Range dan Equalizer untuk memahami tentang frekuensi dan filter.


ADSR
Selain oscillator dan filter, kita juga harus memahami audio envelope. Dalam audio envelope dikenal istilah ADSR (Attack, Decay, Sustain, dan Release), Baca artikel Pengertian ADSR (Attack Decay Sustain Release).


Sumber gambar : Unsplash, Izotope

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda