Peranan Efektivitas Musik Dalam Game Online - BLOG.FISELLA

Saturday, June 5, 2021

Peranan Efektivitas Musik Dalam Game Online


Video game merupakan salah satu hiburan digital yang sangat populer saat ini. Permainan ini disukai oleh banyak orang, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Video game dapat menawarkan pengalaman yang lebih mendalam daripada menonton film. Pemain game dapat mengendalikan tindakan dan langkah-langkah karakter di dalam sebuah game daripada hanya sekedar menontonnya saja.

Beberapa aspek di dalam video game yang membuat sebuah video game disukai orang adalah adanya storyline (alur cerita) yang menarik, visual yang memanjakan mata, musik dan sound effect (efek suara) yang memanjakan telinga dan menghidupkan suasana, dan puzzle (teka-teki) yang membuat pemain harus berpikir keras untuk menyusun strategi demi menuntaskan berbagai tahapan di dalam game. Semuanya itu dirancang oleh developer beserta tim yang terlibat di dalam pembuatan sebuah game. 

Salah satu aspek di dalam video game yang menarik untuk dibahas adalah peran musik dan sound effect di dalam video game. Musik menjadi salah satu aspek di dalam video game yang membuat banyak orang tertarik untuk terus memainkannya. Musik dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan suasana yang sedang berlangsung di dalam game. Tujuan musik dan sound effect di dalam video game adalah untuk membantu menciptakan suasana permainan yang lebih immersive (mendalam) yang membuat pemain seolah-olah masuk dan berada di dalam ruang dan waktu game tersebut. 

Dalam beberapa tahun terakhir, developer game khususnya di game genre horor telah menguasai cara untuk menghasilkan musik dan sound effect jump scare yang dapat menambah atmosfer kengerian saat bermain game. Game bergenre horor seperti Resident Evil dan Silent Hill tentunya sudah sangat familiar di kalangan gamers penyuka genre horor. Perpaduan antara visual,  musik, dan  sound effect di dalam game tersebut dapat membuat bulu kuduk berdiri bahkan sampai terkejut dan kencing di celana. Alat musik yang umumnya dipakai di dalam musik game horor adalah waterphone dan alat musik gesek yang dapat menghasilkan kesan angker.

Sound effect yang menghidupkan suasana tidak terbatas dipakai di dalam game genre horror saja. Game genre action dan perang seperti Call of Duty dan Medal of Honor juga memakai musik dan sound effect yang dapat menambah semangat saat bertempur dan membuat pemain merasakan seperti sedang berada di tengah medan pertempuran.

Dalam menghasilkan musik dan sound effect, tim musik dapat memanfaatkan berbagai alat musik dan menyesuaikan dengan suasana permainan di dalam video game. Permainan musik solo bahkan sampai permainan musik orkestra dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembuatan musik dan sound effect dalam video game. Salah satu contoh game online yang sedang populer sekarang ini dan banyak memanfaatkan orkestra dalam pembuatan musiknya adalah Genshin Impact. Game yang dikembangkan oleh developer asal China ini banyak memanfaatkan perpaduan alat musik tradisional Tiongkok dan alat musik Eropa. Perpaduan East meet West ini menghasilkan jenis musik yang unik.


Sumber foto minews.id



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda