Mengiringi Gitar Secara Spontan? Siapa Takut! - BLOG.FISELLA®

Minggu, 09 Mei 2021

Mengiringi Gitar Secara Spontan? Siapa Takut!


Setiap orang mempunyai beragam goal atau tujuan dalam bermain musik khususnya gitar, salah satu goal saya waktu awal bermain gitar, ialah dapat mengiringi lagu dengan permainan gitar saya secara spontan, tidak berpaku kepada buku chord atau mencari chord di internet, bahkan dapat mengiringi lagu yang belum pernah di dengar dan di mainkan sebelumnya, untuk mencapai goal tersebut di butuhkan musikalitas yang baik, banyak mendengar lagu, latihan ear training/solfegio, tidak hanya itu, namun juga harus di lengkapi oleh teori musik, tentunya setiap orang punya metode dan tips yang berbeda beda, berikut adalah tips dan latihan versi saya:


1. Membedakan Chord Mayor dan Chord Minor

Chord adalah kumpulan tiga nada atau lebih yang di mainkan bersama, dan terdengar harmonis . chord terdapat empat macam yaitu mayor, minor, augmented, dan diminished, namun yang sering di gunakan dalam lagu pop pada umumnya yaitu chord mayor dan minor , chord mayor dan minor ini mempunyai perbedaan karakter bunyi,  chord mayor terdengar lebih senang dan ‘terang’ namun sebaliknya jikalau chord minor terdengar lebih sedih dan ‘gelap’. Latihan ini adalah latihan ear training / solfegio cara latihannya, kalian boleh mencoba bermain tebak-tebakan chord antara chord mayor mayor atau minor dengan teman kalian, atau menggunakan vidio youtube atau aplikasi android untuk melatihnya.


2. Memahami Family Chord

Tahukah kalian kalau setiap nada dasar itu mempunyai family/keluarga chord, misal menggunakan nada dasar C=Do maka family chordnya adalah:

  1      2       3       4    5      6        7         

  C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim (jarang di gunakan, biasa di ganti dengan G/B )  

\Nada dasar yang lainnya misalkan G=Do 

 1      2       3       4    5      6        7         

 G – Am – Bm – C – D – Em – F#dim (jarang di gunakan, biasa di ganti dengan D/F# ) 

 Nada dasar lainnya bisa di cari tabel family chord di Google.

catatan:

 Chord primer (mayor) : 1, 4, dan 5

 Chrod sekunder (minor) : 2, 3, dan 6

       


3. Memulai dengan Lagu yang Sederhana menggunakan Chord Primer 

chord primer / pokok adalah chord mayor yang chord degree'nya adalah 1, 4, dan 5

Contoh lagu: 

Do= C

        C (1)                   G (5)          C (1)                           

Balonku ada lima rupa-rupa warnanya, 

         F (4)    C (1)          G (5)           C(1)

hijau, kuning, kelabu, merah muda, dan biru. . .  lanjutkan sendiri ya.

Dengan lagu lagu sederhana, lagu anak anak biasanya hanya menggunakan chord primer, jadi lebih mudah untuk menebak chord selanjutnya di dalam lagu itu.


4. Memahami Pola Progresi Chord

Progresi chord adalah susunan chord yang ada di dalam lagu

Berikut ini adalah  contoh progresi chord yang sering di pakai di lagu pop :

Chord degree

1 – 6 – 2 – 5 - 1

1-7-6-5-4-3-2-5-1

4 – 5 – 3 – 6 – 2 – 5 – 1

6 – 4 – 1 – 5

dll

Dengan kita sudah terbiasa mendengar dan memainkan progresi chord tersebut maka kita bisa mencoba mencari chord dari sebuah lagu dengan panduan progresi chord tersebut, namun memang tidak semua lagu cocok dengan progresi tersebut, dan setiap bagian lagu biasanya mempunyai progresi chord yang berbeda, karena itu kita juga harus sering mencoba coba sampai menemukan chord yang tepat dengan panduan family chord.

Itulah sedikit tips dari saya untuk mengiringi gitar secara spontan,Practice make Progress, yang artinya dengan kita terus berlatih pasti ada kemajuan untuk apa yang kita tuju. semoga bermanfaat 


 Photo by @lisaboonaerts  Unsplash

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda