"Ada Harga Ada Rupa" , Hati-Hati Pilih Biola - BLOG.FISELLA®

Kamis, 06 Mei 2021

"Ada Harga Ada Rupa" , Hati-Hati Pilih Biola

 
Gita Seisoria Ada Harga Ada Rupa Hati-Hati Pilih Biola

Dunia musik tentu sudah tidak asing lagi dengan instrumen biola / violin. Instrumen gesek ini merupakan alat musik yang memerlukan ketelatenan dalam beberapa aspek. Baik dari segi cara memainkannya, merawat, hingga pemilihan biola itu sendiri. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan tentang hal-hal yang perlu teman-teman perhatikan sebelum memilih atau membeli biola. Topik ini berangkat dari beberapa pertanyaan dari rekan dan bahkan saya sendiri beberapa tahun yang lalu saat masih pertama kali belajar biola. Saya baru sadar bahwa penting sekali pemilihan biola yang tepat dan sesuai untuk mendukung performa violinist. Rekan saya pernah iseng bertanya, “eh biolamu harganya berapa, katanya kalo mau dapet yang bagus mahal ya harganya?”. Pertanyaan tersebut membuat saya flashback dengan keadaan dulu sebelum saya tahu bahwa belum tentu biola mahal bisa menjamin kualitas suara yang kalian inginkan. Memang biola-biola buatan luthier ternama harganya mahal karena mereka asli buatan tangan (handmade). Tapi apa jadinya jika nama luthier itu ternyata palsu dan malah temen-temen habis banyak hanya untuk fitting-up biola karena kalian ternyata kurang suka sama suaranya atau muncul masalah yang lain setelah baru beberapa minggu digunakan. Jangan khawatir berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kalian persiapkan biar engga kapok, berikut penjelasannya;

Persiapkan dana yang cukup dan sesuai
Langkah pertama ini tentunya sangat diperlukan sebelum kita memutuskan membeli sebuah produk termasuk biola. Pastikan budget yang kalian miliki cukup atau lebih karena ini akan mempengaruhi jenis biola yang akan kalian pilih. Perlu diingat membeli biola tentunya juga harus membeli perlengkapan biola yang lain seperti rosin, bow, senar, bridge, dan case biola. Jadi persiapkan dananya jangan terlalu mepet yaa.

Datang langsung ke toko musik atau luthier
Langkah kedua memang terdengar sepele tetapi sangat berpengaruh loh... Hal ini berkaitan dengan adanya penjualan biola melalui website atau online yang menawarkan biola mulai dari harga yang terjangkau hingga yang paling mahal dengan pemasaran yang cukup menarik. Sayangnya, hal ini tidak terlalu disarankan. Karena teman-teman tidak bisa mencoba langsung instrumen pilihan kalian dan memeriksa keaslian dari produk tersebut. Langkah tersebut menghindari dari adanya penipuan merek yang masih sering terjadi. Selain ke toko musik, teman – teman bisa datang langsung ke luthier rekomendasi teman yang lebih tau dulu tentang biola. Sehingga kalian bisa mendengarkan kualitas suara yang dihasilkan dari biola tersebut dan mendapatkan saran yang terarah dari rekan kalian.


Jangan mudah terpengaruh merk dan warna
Membeli sebuah produk memang tidak terlepas dari merek dan visual. Tentu kedua hal ini paling banyak mempengaruhi harga. Namun, tidak jarang pula yang “terjebak” karena seseorang lebih tertarik dengan sebuah merek atau warna yang mereka suka. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman lain selain merek dan warna misalnya karakter suara yang sesuai dengan keinginan kalian dan ukuran yang sesuai dengan postur tubuh. Karena dari kasus yang pernah saya dengar seseorang merasa ditipu pada saat membeli biola dengan merek tertentu dan alhasil merek tersebut hanya sebuah sticker tempelan. “Padahal aku belinya mahal dan katanya asli buatan eropa”, begitu kata rekan saya. Hmmm, sayang banget ya...

Selain melakukan beberapa langkah yang saya sudah sebutkan tidak ada salahnya teman-teman mencoba beberapa biola yang mereka tawarkan. Beberapa pemain juga menyarankan tidak hanya mencoba satu biola tetapi biola yang lain juga perlu dicoba supaya teman-teman tahu perbedaan dari masing-masing biola dan nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan. Karena yang mahal belum tentu nyaman. Semoga membantu.



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda