Perlu Tahu! Ini bedanya Vokal Klasik dan Pop! - BLOG.FISELLA®

Kamis, 02 November 2023

Perlu Tahu! Ini bedanya Vokal Klasik dan Pop!


Dalam dunia musik, vokal adalah salah satu elemen penting yang bisa menjadi tanda untuk membedakan genre. Karakteristik vokal penyanyi pop pasti berbeda dengan penyanyi jazz misalnya. Hal ini juga terjadi dalam vokal klasik. Karakteristik vokal penyanyi klasik sangat unik dan dapat dibedakan dari genre lainnya. Meskipun begitu, fungsi vokal dalam konteks hiburan kurang lebih sama yaitu untuk menyampaikan pesan dari lagu yang dinyanyikan. Lalu, apa saja perbedaan antara vokal klasik dan pop? Simak artikel berikut ya!

Vokal klasik sebetulnya adalah vokal tradisional yang akarnya adalah opera musik klasik Eropa. Opera adalah pertunjukkan semacam drama musikal yang dimainkan oleh orang-orang jaman dulu di belahan bumi Eropa. Para pemain opera biasanya berdialog dengan cara menyanyikannya. Opera tidak lepas juga dari musik instrumental. Nah, vokal klasik ini memiliki keunikan. Di Indonesia sendiri, kita mengenal dengan istilah seriosa. Dalam vokal klasi, teknik pernapasan adalah hal yang sangat penting. Penyanyi vokal klasik dilatih untuk menguasai teknik pernapasan yang mendalam dan kontrol pernapasan yang ketat. Hal ini dimaksudkan agar para penyanyi dapat menghasilkan nada yang kuat dan tahan lama tanpa kehilangan kualitas suaranya. Dalam praktik vokal klasik, jarang sekali penyanyi menggunakan mikrofon. Penyanyi vokal klasik memang dilatih untuk bisa memproyeksikan suara ke seluruh ruangan konser. Mereka biasanya memanfaatkan akustik ruangan. Lebih menariknya lagi, penyanyi vokal klasik biasa menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa asing seperti Italia, Prancis, Jerman, dan lain-lain. Oleh karena itu, mereka perlu mempelajari pengucapan setiap kata dalam bahasa asing tersebut. Penyanyi klasik juga biasanya memiliki rentang suara yang luas. 

Vokal pop memiliki perbedaan yang cukup mencolok apabila dibandingkan dengan vokal klasik. Vokal pop adalah bentuk vokal modern yang ditemui dalam berbagai genre musik populer misalnya rock, R&B, dan sebagainya. Penyanyi pop biasanya menggunakan mikrofon untuk memperkuat dan memproyeksikan suara mereka. Teknik ini memungkinkan penyanyi untuk menciptakan nuansa vokal yang berbeda. Penyanyi pop juga cenderung ekspresif dan fleksibel dalam penampilan mereka. Mereka dapat menggunakan teknik seperti vibrato, falsetto, dan dan teknik lainnya ketika bernyanyi. Banyak lagu pop yang diproduksi dalam suatu negara, oleh karena itu tidak sulit bagi penyanyi pop untuk mencari lagu dalam bahasa asli mereka. Penyanyi pop juga banyak menggunakan efek vokal digital dalam rekaman atau pertunjukan mereka. 

Baik vokal klasik maupun vokal pop sama-sama memiliki keunikan dan perlu latihan rutin. Buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba belajar vokal, kamu bisa bergabung di Fisella Music Course. Nggak perlu repot, karena kamu tutor Fisella bisa datang ke rumah kamu. Belajar musik jadi mudah karena di rumah aja! 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda