Kuliah Musik Belajar Apa? - BLOG.FISELLA®

Kamis, 30 Maret 2023

Kuliah Musik Belajar Apa?

Bimbingan Masuk Jurusan Musik ISI Jogja


Banyak banget yang bilang kalau kuliah musik itu santai, nggak susah, nyanyi-nyanyi terus, nongkrong terus, dan lain sebagainya. Big NO! Salah banget kalau ada orang yang bilang kuliah musik itu nggak susah. Sama seperti perkuliahan pada umumnya, kuliah musik tentunya juga punya kesulitannya sendiri. Di kampus, mahasiswa juga diberi target dan standar yang harus dipenuhi kalau mau lulus. Setiap prodi biasanya punya standar masing-masing. Kegiatan setiap prodi juga tentunya berbeda, sesuai visi misi prodi itu sendiri. 

Kali ini saya mau sharing secara spesifik perkuliahan musik di ISI Yogyakarta karena kebetulan saya sendiri juga alumni dari kampus ini. Di ISI Yogyakarta ada empat prodi yang menyediakan perkuliahan musik yakni Prodi Seni Musik, Prodi Pendidikan Musik, Prodi Penciptaan Musik, dan Prodi Penyajian Musik. Terus bedanya apa? Simak penjelasan berikut ya! 

Prodi Seni Musik

Buat kamu yang mau jadi peneliti musik, pengamat musik, kritikus musik, wajib banget masuk prodi ini. Di sini kamu bakal belajar menulis opinimu terkait musik. Di samping itu pastinya kamu juga belajar tentang teori musik, harmoni, kontrapung, dan sebagainya. Terus kira-kira ada main musiknya nggak? Pasti dong! Setiap mahasiswa musik punya instrumen musik utama. Tapi kalau di prodi seni musik biasanya wajib main klasik, misalnya gitar klasik, piano klasik, dan sebagainya. 

Prodi Pendidikan Musik

Punya cita-cita jadi guru musik? Prodi ini cocok buat kamu! Selain belajar tentang musik secara teori dan praktik instrumen, disini kamu juga akan belajar tentang teori pendidikannya. Asyiknya lagi, kamu bisa terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk praktik mengajar. Jadi, yang kamu dapat bukan cuma teorinya tapi juga pengalamannya. 

Prodi Penciptaan Musik

Suka penasaran gimana sih caranya bikin musik dangdut atau musik-musik klasik yang suka dimainin orkestra? Atau pengen tahu caranya bikin ansambel musik? Prodi Penciptaan Musik mungkin cocok buat kamu. Di sini kamu akan belajar cara aransemen dan bikin musik karya kamu sendiri. Seru ya?  Tapi kamu juga tetap harus belajar teori-teori musik dan praktik instrumen lho. 

Prodi Penyajian Musik

Namanya penyaji berarti punya tugas menyajikan musik. Yup! Prodi ini mencetak pemain-pemain hebat. Apapun instrumen musiknya kamu perlu berlatih keras kalau mau masuk ke penyajian musik karena di prodi ini skill bermain musik sangat diutamakan. Tapi tetap aja kamu harus belajar teori-teori musik untuk mengimbangi kemampuan bermusikmu. 

Setiap prodi pasti punya kesulitannya masing-masing. Tapi kamu pasti bisa asal mau berusaha. Untuk memulai perjalanan musikmu, yang bisa kamu lakukan adalah mulai berlatih. Ingat, selain skill bermain musik kamu juga perlu belajar teori-teori musik karena itu bakal berguna banget buat kamu. Satu lagi, buat menunjang karirmu boleh banget loh coba masuk kampus seni. Kamu bakal ketemu sama orang-orang hebat yang siap bimbing kamu buat jadi lebih hebat lagi. Semangat! 


Bimbingan Masuk Jurusan Musik ISI Jogja


Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Saat ini kami membuka bimbingan khusus kalian yang pengen bisa lolos masuk Jurusan Musik ISI Jogja yuk ambil bimbingan intensifnya. Kalian akan dibimbing secara private oleh alumni Jurusan Musik ISI Jogja mulai dari teori musik, ear training, membaca not balok, latihan wawancara, dan persiapan lagu/repertoar standar Jurusan Musik ISI Jogja. Hubungi admin untuk detail detail informasi, syarat dan ketentuan bimbingan masuk Jurusan Musik ISI Jogja.



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda