Apakah Belajar Recording Membutuhkan Biaya Yang Mahal? - BLOG.FISELLA

Selasa, 07 September 2021

Apakah Belajar Recording Membutuhkan Biaya Yang Mahal?

Apakah Belajar Recording Membutuhkan Biaya Yang Mahal

Mungkin banyak dari temen-temen yang baru mau belajar home recording bertanya, Apakah untuk home recording harus membutuhkan alat yang mahal? 

Jawabannya, tidak. Temen-temen bisa memanfaatkan alat-alat record murah yang bisa digunakan untuk belajar home recording. Kita harus mengenal dahulu alat yang dibutuhkan untuk memulai home recording. Alat yang dibutuhkan adalah, laptop, soundcard, monitor dan instrumen. 

Yang Pertama laptop, kita harus menginstal software perekam suara sejenis Fl Studio, Cubase, Pro Tools, Audacity dll. Yang kedua soundcard, temen-temen bisa menggunakan soundcard murah yang banyak terdapat di online shop. Penggunaan soundcard disesuaikan sesuai dengan budged kalian, ada soundcard USB, Guitar Rig, dll yang memiliki harga kisaran 20-200K. Untuk temen-temen yang mempunyai budged lebih bisa menggunakan soundcard V8 keatas dengan harga 200k keatas, bahkan ada kelas soundcard yang digunakan untuk studio recording. Yang ketiga monitor, yang dimaksud dengan monitor disini adalah speaker atau headset/earphone/dll, yang digunakan untuk mendengar kan audio darj laptop atau PC yang kita rekam. Yang keempat adalah instrumen, kalo ga ada instrumen apa yang mau kita record hahaha. 

Pada instrumen, temen-temen yang bermain instrumen keyboard bisa merecord suara keyboard dengan 2 cara, menggunakan soundcard secara langsung, atau tidak menggunakan soundcard menggunakan kabel MIDI. Jika kalian menggunakan kabel MIDI, kalian juga bisa berkreasi dengan menginstal vst dan menggunakan preset unik seperti angklung yang terdapat di blog Fisella.com ini. 

Yang terakhir adalah jangan patah semangat dalam latihan dan mengulik proses record yang baik contohnya seperti take, balancing, mixing, mastering dll untuk mendapat hasil yang maksimal.


Menurut saya, hal penting dalam home recording adalah gunakan alat yang minimal untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Jika teman-teman sudah bisa record menggunakan alat yang minim, temen-temen mulai bisa menabung untuk mengupgrade alat record.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda