Kuasai 4 Kemampuan ini untuk Menjadi Produser Musik "Kamar" Berkualitas - BLOG.FISELLA®

Jumat, 09 April 2021

Kuasai 4 Kemampuan ini untuk Menjadi Produser Musik "Kamar" Berkualitas

  

Les FL Studio Kursus FL Studio Belajar FL Studio Kursus Mixing Mastering

Sebagai pecinta musik siapa yang tak ingin memiliki karya sendiri, merekamnya secara profesional, mempublikasikannya, dikenal banyak orang, bahkan bisa menghasilkan uang dengan karya-karya yang telah dibuat. Banyak yang mengira bahwa produksi musik hanya bisa dilakukan di studio profesional, namun dengan kemajuan teknologi saat ini, kita justru dimudahkan untuk merancang musik kita dari kamar dengan gadget yang kita miliki. Pandangan ini tidak hanya sebagai isapan jempol belaka karena sudah banyak produser musik yang berangkat dari kamar untuk menciptakan karya besarnya. Lalu apa saja kemampuan yang perlu dipelajari untuk menjadi produser musik "kamar"? Tim Fisella memberikan tips 4 kemampuan yang wajib kalian kuasai untuk menjadi produser musik kamar yang berkualitas


Menguasai Digital Audio Workstation

Digital Audio Workstation atau DAW adalah perangkat lunak yang digunakan untuk merekam suara, menyunting audio, memanipulasi audio, dan midi programming. DAW dioperasikan dengan komputer, umumnya DAW bekerja dengan unit perangkat elektronik yang terintegrasi ke aplikasinya, seperti audio interface, MIDI Controller, dan perangkat tambahan lainnya. Beberapa DAW yang cukup terkenal adalah Logic Pro, Protools, Cubase, Studio One, FL Studio. Dengan menguasai minimal satu DAW tentunya kalian akan mampu mengkonsep musik hingga mengkomposisi musik tersebut.

Fisella menawarkan kursus FL Studio dari level 0 hingga level 2 dengan fokus belajar MIDI Programming, Audio Recording, dan Audio Manipulation. Jika kalian berminat mengikuti kursus FL Studio, klik link ini.


Manajemen Produksi Musik

Jika sudah menguasai minimal satu DAW, kalian harus memahami apa saja hal yang harus dipenuhi dalam produksi musik. Kegiatan produksi musik merupakan proses pembuatan proyek rekaman musik dimana seorang produser musik mengelola setiap aspek  penting dari pembuatan sebuah lagu atau musik, seperti penanganan proses kreatif, memutuskan instrumen apa yang digunakan, proses merekam, dan juga mengawasi proyek musik dari pra hingga pasca perekaman. Dengan menguasai konsep dasar produksi musik seorang produser musik diharapkan memahami pengetahuan umum musik seperti genre musik, bentuk lagu, dasar aransemen/komposisi musik, perekaman audio, dasar penataan suara.

Fisella Music Course menawarkan Kursus Music Production sebagai level lanjutan dari kursus FL Studio, pembelajaran ini akan mengarahkan kalian bagaimana menjadi produser musik yang baik untuk menggarap sebuah proyek musik. Berminat untuk kursus Musik Production? kunjungi halaman ini


Mixing dan Mastering

Setelah menguasai DAW dan mengerti konsep dasar produksi musik, ada baiknya jika kalian memahami proses penataan suara atau yang sering dikenal dengan istilah Mixing-Mastering. Mixing adalah proses pasca-produksi musik, di mana seorang audio engineer melakukan balancing masing-masing audio track secara terpisah pada agar terdengar bagus saat seluruh audio track dimainkan bersama. Dalam pekerjaan mixing, seorang audio engineer akan melakukan filter frekuensi dengan EQ, proses kompresi, panning, reverb, dan fx lain yang dapat digunakan. Mastering adalah proses pasca mixing dengan melakukan stereo mixdown dan mengoreksi serta menyempurnakan elemen audio untuk memastikan kualitas pemutaran yang optimal di semua sistem dan format sebelum didistribusikan.

Fisella juga menawarkan kelas lanjutan dari kursus Music Production yaitu Kursus Mixing Mastering dengan DAW FL Studio. Dengan mengikuti kelas ini proyek musik yang telah kalian susun di DAW akan ditata secara profesional agar dapat didistribusikan dengan baik ke segala platform musik.


Komposisi dan Aransemen Musik

Pada ilmu komposisi musik kalian akan mempelajari teori musik, ilmu harmoni, dan berbagai macam ilmu yang cukup kompleks. Bahkan untuk menguasai ilmu ini, tidak sedikit musisi yang rela mengambil sekolah formal di perguruan tinggi. Dalam bidang komposisi dan aransemen musik, terdapat spesialisasi dari masing-masing komposer dan arranger seperti komposer khusus orkestra, electronic music, choir, dan format musik lainnya. 

Fisella Music Production menawarkan jasa komposisi musik dan jasa aransemen musik untuk pembuatan musik originaljasa pembuatan mars, jasa pembuatan jingle, bahkan jasa aransemen paduan suara dan vocal group. Kami memiliki komposer dan arranger sesuai dengan spesialisasi khusus sesuai dengan proyek musik yang dibutuhkan klien kami. Kunjungi halaman kami di WWW.FISELLA.COM.


Picture by @willfrancis unsplash

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda