Perjuangan Dan Kreativitas Ludwig Van Beethoven Dalam Dunia Musik - BLOG.FISELLA®

Kamis, 19 September 2024

Perjuangan Dan Kreativitas Ludwig Van Beethoven Dalam Dunia Musik

 


Penulis: Arvin Gilang Arbireksa

Perjuangan Ludwig Van Beethoven di dalam dunia musik sangat berkesan.  Pada saat yang sama ketika Beethoven sedang menyusun beberapa karyanya yang paling abadi, dia berjuang untuk menerima fakta yang mengejutkan dan mengerikan, yang dia coba sembunyikan dengan putus asa, yaitu menjadi tuli. Ludwig Van Beethoven adalah seorang pianis dan komposer Jerman yang secara luas dianggap sebagai salah satu jenius musik terbesar sepanjang masa. Komposisi Beethoven bersifat inovatif yaitu menggabungkan antara vokal dan instrumen, memperluas cakupan sonata, , konser, simfoni dan kuartet. Dia adalah sosok transisi penting yang menghubungkan zaman Klasik dan Romantik musik Barat. Kehidupan pribadi Beethoven ditandai oleh perjuangan melawan ketulian, dan beberapa karyanya yang paling penting disusun selama 10 tahun terakhir hidupnya, ketika dia tidak dapat mendengar. 

Beethoven tidak terlahir tuli, tetapi ia secara bertahap menjadi tuli. Meskipun ketuliannya tidak menjadi total sampai tahun 1819, gejala pertama dari gangguan tersebut terwujud sebelum tahun 1800. Awalnya, Beethoven melaporkan mendengar dengungan dan denging di telinganya. Kemudian dia mengungkapkan "bahwa dari kejauhan saya tidak mendengar nada tinggi dari instrumen dan suara penyanyi." Namun, gangguan pendengaran Beethoven tidak menghentikannya untuk menulis musik. Dia terus menulis musik dengan baik hingga tahun-tahun terakhir hidupnya.  Sungguh permasalahan yang luar biasa, Di saat yang bersamaan Beethoven berjuang menerima kenyataan yang mengejutkan, mengerikan, dan selalu disembunyikannya dengan susah payah. Beethoven berjuang keras untuk memahami kata-kata yang diucapkan orang lain dalam setiap percakapan. Bayangkan betapa sulitnya hal tersebut.

Perjuangan Ludwig Van Beethoven di dalam dunia musik sangat inspiratif, Beethoven juga mengalami berbagai tekanan pribadi dan emosional sepanjang hidupnya, termasuk hubungan keluarga yang rumit, kesulitan keuangan, dan isolasi sosial karena kondisinya. Namun, melalui semua tantangan ini, Beethoven tetap teguh pada komitmennya untuk musik, Tetapi Beethoven tetap semangat dan tidak putus asa terhadap apa yang dialaminya saat itu. Ia membuktikan bahwa  dibalik setiap kekurangan pasti ada kelebihan. Karya - karya nya juga memiliki dampak bagi para komposer era Romantik seperti Brahms, Schumann, dan Wagner sangat dipengaruhi oleh gaya inovatif dan ekspresi emosional Beethoven. Karya Beethoven juga masih dimainkan sampai saat ini.

Berikut beberapa Karya Ludwig Van Beethoven yang terkenal yaitu Fur Elise, Symphony No. 9 in D minor, Op. 125, Moonlight Sonata, Symphony No. 5 in C-minor, Op.67, Marcia Alla Turca - The Turkish March Versi Beethoven, dan Mass in D major: "Missa Solemnis". Tulisan ini dapat digunakan untuk referensi, menambah pengetahuan tentang komposer Ludwig Van Beethoven, dapat juga menjadikan cerita hidup Beethoven sebagai motivasi untuk terus berkarya di dunia musik meskipun berbagai masalah datang menghampiri. 



Baca Juga

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda