Cari Tahu Perbedaan Piano, Keyboard, dan MIDI Controller! - BLOG.FISELLA®

Kamis, 29 Agustus 2024

Cari Tahu Perbedaan Piano, Keyboard, dan MIDI Controller!


 

Ada berbagai jenis alat musik yang bisa kita mainkan sekarang. Mulai dari alat musik akustik sampai elektrik. Nah, banyak orang sering kali kebingungan ketika mendengar istilah piano, keyboard, dan MIDI controller karena belum tahu apa perbedaannya. Kali ini kita akan membahas apa sih bedanya piano, keyboard, dan MIDI controller? 

Piano

Pertama, kita akan bahas tentang piano. Alat musik ini relatif berusia tua dan telah mendapat perubahan sebelum menjadi piano seperti sekarang ini. Sebelum adanya piano, orang-orang lebih dulu menggunakan harpsichord dan clavichord. Nah, piano terbuat dari kayu dan logam. Alat musik ini menghasilkan suara melalui getaran senar saat tuts ditekan. Piano memiliki tuts yang relatif berat dan responsif. Karakteristik ini memungkinkan pemain menghasilkan berbagai dinamika. Piano merupakan alat musik akustik alias tidak menggunakan energi listrik. Namun saat ini juga tersedia digital piano yakni jenis piano yang membutuhkan listrik. Ada berbagai macam jenis piano akustik seperti grand piano, baby grand piano, dan upright piano. Piano memiliki beberapa kelebihan misalnya suaranya kaya dan natural, bisa memainkan berbagai dinamika, dan sangat cocok untuk mempelajari repertoar piano klasik. Sayangnya, piano relatif mahal. Misalnya untuk merk baby grand piano Yamaha Piano GB1K harganya mencapai 145 juta sedangkan untuk grand piano merk Steinway & Sons Type M New York harganya mencapai 640 juta. Selain itu kekurangan instrumen ini adalah ukurannya yang besar dan berat sehingga sulit dipindahkan. 

Keyboard

Kedua, kita akan membahas tentang keyboard. Sebetulnya keyboard merupakan istilah umum yang merujuk pada berbagai jenis alat musik elektronik yang memiliki tuts. Keyboard bisa berupa digital piano, synthesizer, atau workstation. Digital piano dirancang untuk meniru suara dan tampilan piano akustik namun ukurannya relatif lebih kecil dan portabel. Sementara itu, synthesizer merupakan alat musik yang bisa menghasilkan berbagai macam suara instetis yang dapat diprogram dan dimodifikasi. Workstation tentunya lebih kompleks karena menggabungkan fitur digital piano dan synthesizer. Kelebihan keyboard adalah mudah dibawa karena ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan piano. Keyboard juga memiliki lebih banyak fitur suara, ritme, dan efek. Harga keyboard juga lebih terjangkau dibandingkan piano. Misalnya keyboard dengan merk Yamaha PSR-EW310 yang harganya sekitar 6 juta. Merk Yamaha lain seperti Yamaha PSR-E273 memiliki harga sekitar 3 juta. Selain Yamaha, terdapat juga merk lain seperti KORG. Keyboard KORG EK50 memiliki harga sekitar 8 juta. Harga keyboard biasanya tergantung pada fitur dan jumlah tuts yang dimiliki. Karena memiliki harga yang lebih murah dibanding piano, suara keyboard tidak senatural piano akustik. Kualitas keyboard juga mengikuti harga dan modelnya. 

MIDI Controller

Ketiga, kita akan bahas tentang midi controller. MIDI (Musical Instrument Digital Interface) controller adalah alat yang tidak menghasilkan suara sendiri. MIDI controller harus disambungkan dengan perangkat lain misalnya komputer untuk dapat menghasilkan suara. MIDI controller juga memiliki tuts seperti halnya pinao dan keyboard. Namun jumlah tuts bervariasi tergantung pada model dan harganya. Misalnya untuk merk Midiplus X6 memiliki harga sekitar sekitar 3 juta. Merk lain misalnya Akai APC KEY 25 MK2 memiliki harga sekitar 2 juta. 

Memiliki instrumen memang penting ketika belajar musik namun ada hal yang lebih penting yaitu kemampuan untuk menggunakan instrumen tersebut. Ketika seseorang memiliki kemampuan bermusik maka penggunaan alat musik yang dimiliki bisa lebih maksimal. Bagi kalian yang ingin belajar musik segera gabung ke Fisella Music Course. Layanan kursus musik Home Service terbaik di Yogyakarta. 


Baca Juga

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda