Apa itu Muscle Memory dalam Musik? - BLOG.FISELLA®

Kamis, 20 Juni 2024

Apa itu Muscle Memory dalam Musik?


Suatu kali ketika saya mengajar murid les gitar yang masih duduk di bangku SMP, ia memberi saya sebuah tantangan untuk memainkan berbagai akor dengan mata tertutup. Sebagai orang yang terbiasa bermain gitar, tentu saya bisa melakukannya. Bagi saya hal itu bukanlah hal istimewa, namun ternyata bagi murid tersebut, itu termasuk hal yang luar biasa. Berkali-kali ia bertanya bagaimana saya bisa melakukannya. Awalnya jawaban saya adalah karena saya terbiasa bermain gitar. Tapi jawaban itu ditolak oleh murid itu. Ia mengeluh karena ia pun bermain gitar setiap hari tapi belum bisa melakukannya. Karena itulah akhirnya saya menjelaskan tentang apa itu muscle memory atau memori otot dalam dunia musik. 

Sederhananya, muscle memory atau memori otot terbentuk karena otak mengingat gerakan fisik yang dilakukan secara berulang. Memori ini dapat terbentuk dari latihan yang konsisten sehingga otak dapat mengingat pola-pola gerakan. Ketika seseorang memiliki muscle memory maka jari-jari seolah akan bergerak dengan sendirinya. Beberapa orang yang saya temui bahkan mengatakan seolah jari-jari memiliki mata dan tahu kemana ia harus bergerak. Muscle memory tidak hanya terjadi pada permainan gitar, bisa juga pada instrumen lainnya. Seseorang mungkin dapat memainkan beberapa repertoar kapanpun dimanapun tanpa harus melihat partitur. Muscle memory juga dapat berguna ketika menghadapi situasi yang menegangkan misalnya konser atau penampilan live. Ketika seseorang telah cukup banyak berlatih dan memiliki muscle memory, ia tetap bisa bermain musik meski sedang gugup atau merasa cemas. 

Sekali lagi, muscle memory tidak didapat secara instan. Dibutuhkan waktu dan latihan yang konsisten. Latihan yang dilakukan dengan benar akan sangat membantu terbentuknya muscle memory. Untuk dapat mencapai muscle memory, seseorang harus lebih dulu bermain dengan sadar sambil memikirkan setiap aspek permainan misalnya mengingat dinamika, jari apa yang digunakan, dan sebagainya. Setelah itu, permainan musik akan terasa lebih lancar dan apabila diulang terus menerus maka akan terbentuk muscle memory

Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.





Baca Juga

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda