Ragu Menulis Lagu Sendiri? Simak Langkah-langkahnya! (Bagian 2) - BLOG.FISELLA

Kamis, 23 September 2021

Ragu Menulis Lagu Sendiri? Simak Langkah-langkahnya! (Bagian 2)


Selain sebagai sebuah karya, lagu seringkali digunakan seseorang untuk mengekspresikan perasaannya, menyampaikan pesan yang sulit diungkapkan, dan masih banyak alasan lainnya. Bagi sebagian orang menulis lagu mungkin merupakan hal yang mudah. Namun begitu menulis lagu juga merupakan proses belajar. Ada beberapa tahap yang perlu penulis lagu lakukan untuk membuat sebuah karya. Dalam artikel Ragu Menulis Lagu Sendiri? Simak Langkah-langkahnya! (Bagian 1) kita sudah membahas tiga langkah awal untuk menulis lagu, yakni  memahami bahwa menulis lagu adalah proses, mencari inspirasi, dan menulis lirik lagu. Di tulisan kali ini, ada tiga langkah lanjutan yang perlu kita lakukan untuk menulis sebuah lagu. Apa saja? Simak langkah-langkah berikut!

1. Buat melodi untuk lirik lagu

Setelah menulis lirik yang diinginkan, mulailah membuat melodi untuk lirik lagumu. Melodi ini dapat dikatakan bebas sesuai dengan nuansa yang ingin kamu munculkan di lagumu. Beberapa penulis lagu menggunakan melodi yang sederhana, namun ada juga lagu-lagu yang memiliki melodi tidak biasa. Selain pertimbangan nuansa, untuk menentukan melodi kamu juga perlu mempertimbangkan untuk siapa lagu itu kamu buat. Apakah untuk anak-anak, untuk anak remaja, atau orang dewasa? Untuk mambuat lagu anak, kamu bisa mendapat beberapa tips dari Cara Membuat Musik yang Baik untuk Anak Salah satu tips mudah untuk membuat melodi adalah mulailah dari melodi yang sederhana sehingga mudah diingat. Bagaimana cara membuat melodi yang mudah diingat? Simak penjelasannya di artikel Mau Buat Melodi yang Memorable? Ini Tipsnya!

2. Tentukan akornya

Setelah melodi siap, kamu bisa mulai menyusun akor untuk lagumu. Akor ini harus disesuaikan dengan melodi lagumu agar tersusun menjadi harmonis. Kamu mungkin akan menemukan beberapa alternatif progresi akor untuk lagumu, kamu bisa pilih mana yang paling sesuai. 

3. Evaluasi

Dengarkan lagi lagumu secara keseluruhan. Kamu dapat mengevaluasi sendiri lagumu ataupun dengan bantuan orang lain. Sangat mungkin kamu melakukan beberapa perubahan pada lagumu hingga kamu yakin lagu tersebut akan menjadi karya yang baik. 

Lagu yang telah siap akan lebih baik jika bisa didengarkan banyak orang. Dari hal itu, penulis lagu bisa mendapat keuntungan baik secara materi maupun kritik dan saran. Oleh karena itu ada baiknya setelah kamu yakin dengan lagumu, lakukan perekaman dan distribusi. Untuk langkah ini kamu mungkin butuh bantuan orang lain, untuk membuat iringan musik yang lebih kompleks, merekam, editing, dan distribusi. Namun jangan khawatir, sekarang sudah banyak penyedia jasa record dan distribusi. Salah satunya adalah Fisella Music Production. Kami bisa membantu produksi lagu originalmu hingga karyamu bisa didengar banyak orang. Tunggu apalagi? Mulailah berkarya!


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda