Apa itu Outside? - BLOG.FISELLA

Sabtu, 25 September 2021

Apa itu Outside?


Sebagian dari teman-teman mungkin sudah pernah mendengar kata outside dalam sebuah melodi atau sebagian besar orang yang baru belajar musik mungkin belum pernah mendengar kata ini. Kata outside sering muncul pada kalangan musik jazz, tapi seiring berjalannya waktu kata outside sudah sering terdengar bahkan bukan hanya di music jazz saja, tetapi pada musik pop, rock, blues, dll.

Pada kesempatan ini, saya hanya akan membahas outside secara garis besarnya saja, sehingga teman teman bisa menganalisa sebuah melodi atau chord yang dapat dikatakan outside atau mengandung nada outside di dalamnya.

Kata outside sendiri, memiliki arti “di luar”. Yang jika dikaitkan dalam musik, dapat berarti sebuah permainan melodi atau chord yang kontras dan dimainkan diluar harmoni (inside) chord atau melodi tersebut.

Sebagai contoh, jika kita bermain pada tangga nada C mayor, berarti nada yang digunakan adalah C D E F G A B atau dapat dikatakan nada Inside, sedangkan nada yang tidak digunakan dalam tangga nada C mayor adalah C# D# F# G# A# yang dapat dikatakan nada outside. Pada dasarnya penggunaan nada (outside) dikombinasikan dalam 3 ornamen yaitu passing note atau chord, neighbor note ata chord, dan appoggiaturas. Adapun scale yang dipakai untuk membuat nada terdengar kontras sehingga membuat permainan menjadi outside adalah acoustic scale, diatonic scale, octatonic scale, whole tone scale, harmonic minor scale, harmonic major scale, dan hexatonic scale.

Bermain outside ini dapat menggambarkan seseorang itu adalah kreatif, jenius, dan luar biasa, karena tidak mudah bermain outside, mulai dari pemilihan nada, takaran nada yang pas, dan timing yang tepat.

Cara mudah menganalisis nada-nada outside adalah dengan mendengarkan chord atau melodi yang kontras dengan harmoni melodi atau chord utama. Untuk lebih detail teman-teman bisa mempelajari beberapa scale di atas untuk mengetahui scale apa yang dipakai dalam memainkan nada-nada kontras tersebut.

Terima kasih teman-teman.



Sumber Gambar : musisi.xyz


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda