Pentingkah Belajar Teori Musik? - BLOG.FISELLA

Rabu, 15 September 2021

Pentingkah Belajar Teori Musik?



Bagi sebagian orang yang belajar musik secara otodidak, atau bukan dalam pendidikan formal, teori musik kadang dikesampingkan. Hal ini muncul akibat opini yang digiring masyarakat bahwa tujuan akhir dari belajar musik adalah yang penting bisa memainkan alat musik. Padahal memainkan alat musik bukan satu-satunya kemampuan yang harus dikuasai dalam belajar musik. Ketika kita mempelajari teori musik, kita mempelajari kaidah dan konsep. Kaidah dan konsep inilah yang dapat membantu kita memahami dan memainkan alat musik dengan lebih baik. Misalnya, teori tentang tangga nada membantu kita mengerti tentang kedudukan akor dan fungsi dari akor-akor dalam suatu tangga nada. 

Salah satu contoh, ada sebuah kebiasaan yang sering saya jumpai ketika saya masih duduk di bangku SMA. Beberapa teman saya yang belajar memainkan sebuah lagu dengan gitar, mencari referensi akor di internet dan mengikuti akor-akor tersebut. Misalnya dalam referensi itu akor-akor lagu tersebut ditulis dalam tangga nada C mayor, maka teman-teman saya akan mengikuti tanpa tahu hubungan antara akor-akor tersebut sehingga teman-teman saya akan kesulitan ketika melakukan modulasi ataupun transposisi tangga nada. 

Dengan mempelajari teori musik, kita akan mendapat banyak manfaat baik dalam memainkan suatu lagu, mengaransemen, ataupun membuat sebuah musik. Beberapa manfaat tersebut contohnya:

a. Memahami konsep tangga nada.

b. Mengetahui istilah-istilah musik.

c. Memahami dasar teori untuk mempelajari teori lanjutan (komposisi, harmoni, dsb.).

Mempelajari teori musik memang bukan hal yang instan, namun hal ini sangat penting ketika kita belajar musik. Dalam belajar teori musik, alangkah lebih baik jika ada mentor yang mendampingi sehingga ketika kita kesulitan memahami suatu konsep atau kaidah kita dapat bertanya pada mentor dan supaya kita tidak keliru dalam memahami teorinya. Selain mentor, kita juga harus menyiapkan buku teori musik. Untuk kamu yang ingin mulai belajar teori musik, jangan khawatir. Di Fisella Music kamu bisa belajar teori musik dengan mentor yang berkualitas. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari berbagai alat musik yang kamu suka. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda