Latihan Membaca Tablature Gitar - BLOG.FISELLA®

Sabtu, 11 September 2021

Latihan Membaca Tablature Gitar


● Melafalkan tiap fret yang ada pada gitar.
Biasanya pada fretboard gitar, terdapat titik bulat yang biasa disebut position marker. Ini berfungsi untuk memberi tanda agar mudah menjangkau urutan fret yang ingin kita jangkau. Seperti dalam tab gitar, akan ada simbol berupa angka untuk mengarahkan fret ke berapa yang harus ditekan atau open string. Cara menghafalnya juga terbilang cukup mudah, dengan melihat urutan dari neck ke body gitar. Jadi urutannya adalah 3,5,7,9,12,15,17.19, 21, dst.


● Memahami Garis Tab.
Tablature gitar memiliki 6 garis horizontal, dimana hitungannya dari bawah ke atas yang mewakili 6 senar pada gitar. Garis paling bawah adalah E rendah, garis ke dua A, garis ke tiga D, garis ke empat G, garis ke lima B, dan garis ke enam adalah E tinggi.

● Membaca dari Kiri ke Kanan.
Seperti halnya membaca partitur, tablature juga dibaca dari arah kiri ke kanan.

● Melatih Fokus.
Melatih fokus otak dan kejelian mata dalam melihat tab, bisa dimulai dengan memainkan chord-chord dasar yang perintah tabnya memainkan semua senar gitar seperti EM, GM, dll yang tentunya berpindah posisi.

● Menggunakan Metronome.
Penggunaan metronome bertujuan untuk melatih konsistensi kita dalam membaca dan memainkan gitar sesuai petunjuk tab. Ada Baiknya tempo yang digunakan diawali dengan tempo yang lambat, kisaran 60 BPM dan ditambah 5 BPM saat sudah bias menyelesaikan tempo yang sebelumnya.

● Jam Latihan.
Hasil yang baik tentunya didapat dari latihan yang teratur dan konsisten. Untuk seorang pemula, disarankan agar tiap harinya berlatih paling cepat 15 menit untuk pagi dan 15 menit lagi untuk malam. Walaupun terdengar mudah tapi sulit untuk tetap konsisten dalam melakukannya tiap hari. Kuncinya adalah melakukannya hingga menjadi sebuah kebiasaan.

● Tingkatan Tablature.
Jika enam poin di atas sudah dilakukan dengan benar sesuai perintah, tahap yang diperlukan adalah dengan mencari tab gitar yang lebih sulit dari tab sebelumnya guna menguji dan mencari tau takaran kemampuan kita dalam membaca tab.


Semoga apa yang dibagikan bermanfaat untuk teman-teman semua....



Sumber Gambar : bp-guide.id, guitargearfinder.com





Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda