Bisa Baca Partitur, Apa manfaatnya? - BLOG.FISELLA®

Rabu, 25 Agustus 2021

Bisa Baca Partitur, Apa manfaatnya?

Sebuah catatan notasi yang berisikan karya musik atau yang sering disebut dengan Partitur, mungkin sudah tidak asing di telinga teman teman sekalian. Partitur umumnya ditulis menggunakan not angka dan not balok. Sampai sekarang ada bermacam-macam cara mencatat sebuah karya musik yaitu ada tabulasi, ada juga yang hanya menuliskan nama akord, dan beberapa lainnya.


Bagi teman-teman yang ingin memperdalam pengetahuan dan kemampuan bermain musik, membaca partitur adalah hal yang wajib dipelajari. Mengapa demikian? Atau apa manfaatnya?
Berikut adalah beberapa manfaat dari kemampuan membaca partitur yaitu :

Terapi Otak.
Membaca partitur, kita dilatih untuk melihat, memahami dan mengimplementasikan pada intrumen yang kita punya. Misalnya membaca dan mempraktekan pada gitar, apa yang tertera pada partitur. Secara tidak langsung, kegiatan tersebut dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus otak kita.


Mempermudah memainkan sebuah lagu.
Saat kita sudah mahir membaca dan langsung mempraktekan apa yang dibaca, itu adalah kunci utama untuk kita dapat memainkan lagu-lagu baru dengan durasi dalam mempelajari lagu tersebut menjadi singkat.


Mempermudah komunikasi antar musisi saat bermain Bersama.
Bermain bersama atau yang sering disebut Ensembel, kita dipertemukan dengan lebih dari satu musisi. Partitur menjadi hal utama untuk menyelaraskan semua musisi yang terlibat, karena biasanya dalam partitur lengkap tercantum mulai dari judul, tempo, birama, timbre dll. Jadi cukup dengan partitur, hampir menyelesaikan sebuah garapan lagu dan hal-hal teknis selanjutnya adalah tergantung kesepakatan bersama dengan konduktor.


Mengasah insting dan naluri bermusik.
Naluri dan insting bermusik yang tajam, didapat dari hasil latihan yang sering dan proses latihan yang panjang. Dengan sering membaca partitur, dengan sendirinya akan menambah rasa, jiwa dan daya tangkap yang luas serta kepekaan kita terhadap nada atau musik.

Itulah beberapa manfaat dari membaca partitur yang dapat saya bagikan untuk teman teman, semangat terus dalam latihan dan jangan lupa diawali dengan doa.


Sumber Gambar : Photos.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda