Kenali Nuansa Film Disney Hanya Dari Openingnya - BLOG.FISELLA

Selasa, 18 Mei 2021

Kenali Nuansa Film Disney Hanya Dari Openingnya

 




Banyak dari kita yang tentunya sudah tak asing lagi dengan film-film dari Disney. Film yang tidak hanya menonjolkan unsur cerita namun juga segi musikalnya. Walt Disney Company, umumnya dikenal sebagai Disney adalah sebuah media massa dan hiburan multinasional Amerika yang berkantor pusat di kompleks Walt Disney Studios di Burbank, California. Disney awalnya didirikan pada 16 Oktober 1923, oleh saudara Walt dan Roy O. Disney dengan nama Disney Brothers Cartoon Studio. Perusahaan ini juga beroperasi dengan nama The Walt Disney Studio dan Walt Disney Productions sebelum secara resmi mengubah namanya menjadi The Walt Disney Company pada tahun 1986. Disney memantapkan dirinya sebagai pemimpin dalam industri animasi Amerika sebelum melakukan diversifikasi ke dalam produksi film live-action, televisi, dan taman hiburan. 

Di setiap film-filmnya, Disney selalu menampilkan bagian introduksi yakni sebuah istana dan tulisa Disney sebelum film akhirnya dimulai. Ada sebuah hal yang menarik perhatian penulis tentang hal ini, yakni Disney seringkali memberikan nuansa musik yang berbeda untuk film yang berbeda juga. Sehingga jika diperhatikan, tidak semua film Disney memiliki musik introduksi yang sama. Mengapa bisa begitu? 

Ada berbagai musik intro yang Disney pakai di awal filmnya. Perbedaannya mulai dari genre, orkestrasi, instrumentasi, bahkan motif musik nya. Menurut pandangan penulis, nuansa musik pada bagian introduksi kurang lebih disamakan dengan nuansa musik pada filmnya. Kita ambil contoh pada film animasi Frozen 2, Soul, Coco, Incredibles.

Berikut contoh dari beberapa opening Disney :

FROZEN 2
Christophe Beck, Robert Lopez, Kristen Anderson Lopez

Pada film animasi Frozen 2, musik intro yang dipakai menggunakan motif dari film pertamanya, yaitu Frozen 1. Pemilihan instrumen orkestra dan vokal disini menonjolkan unsur etnis dari suku Northuldra. Motif ini seolah menggambarkan alur cerita dari film Frozen 2 dimana Anna dan Elsa merupakan keturunan dari kaum Northuldra. Jika anda sedikit melanjutkan filmnya, anda akan menemukan motif dari lagu "do you wanna build a snowman" ketika gambar menunjukan karakter olaf ketika Anna dan Elsa masih kecil.


COCO
Michael Giacchino

Di opening film Coco ini, komposer tetap menggunakan melodi utama dari original Disney Animation, namun di aransemen dan di orkestrasi sedemikian rupa sehingga sesuai dengan latar tempat dan nuansa film tersebut, yaitu di Spanyol. Komposer menonojolkan instrumen khas dari Spanyol yaitu Gitar.


SOUL
Jon Batiste, Trent Reznor, Aticcus Ross

Di opening film Soul ini, komposer menggunakan melodi yang sama seperti original Disney Animation, tapi dirubah sedemikian rupa agar sesuai dengan scene pertamanya, Hal ini sejalan dengan alur cerita film Soul dimana Joe Gardner, seorang guru musik yang sedang mengajar musik di sekolah anak anak. Di dalam opening ini, intonasi, tempo dan lain lain yang tidak seimbang dan kacau menggambarkan bahwa lagu tersebut di mainkan oleh anak kecil yang secara teknik instrumen belum cukup menguasai.


INCREDIBLES 2
Michael Giacchino

Opening dalam film incredibles 1 dan 2 bisa dibilang mirip, karna disini komposer menonjolkan melodi yang bersifat misterius dan bernuansa heroik namun tetap low profile. Motif ini dipakai di sepanjang film ketika pemeran utama dari keluarga Mr.Incredibles melakukan aksi heroiknya.






Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda