Headphone VS Speaker Monitor, Mana yang Lebih Baik untuk Mixing Audio - BLOG.FISELLA

Sabtu, 04 September 2021

Headphone VS Speaker Monitor, Mana yang Lebih Baik untuk Mixing Audio

 

Headphone VS Speaker Monitor, Mana yang Lebih Baik untuk Mixing Audio

Sepertinya pembahasan tentang mixing audio tidak akan habis dalam semalam. Contohnya perdebatan tentang headphone vs speaker monitor yang hingga saat ini sering menjadi pertanyaan, baik di forum audio engineer, maupun selama saya mengajar kursus mixing mastering di FISELLA. Ini adalah artikel singkat untuk memberikan gambaran benefit dari masing-masing device (speaker monitor dan headphone).

Ada banyak perbedaan dalam merasakan mixing audio menggunakan speaker monitor dan headphone standar studio, dimana ini berkaitan dengan sistem pendengaran manusia dalam menangkap suara. Mari kita bahas secara singkat benefit dari setiap perangkat ini.

Speaker Monitor

Dengan menggunakan speaker monitor otak memproses dua sumber audio dari telinga kiri dan kanan, dimana terjadi fenomena  perbedaan frekuensi dan waktu di antara keduanya untuk membedakan arah suara. Penggunaan speaker monitor juga akan memberikan kesan realistis bagi rekaman surround, binaural, dan ambisonic yang memanfaatkan lebih dari dua sumber suara untuk menciptakan kesan realistis dari arah yang lebih detail.

Headphone

Dengan perangkat headphone kedua telinga kita akan mendapatkan sumber audio pada saat yang bersamaan. Ini menghasilkan suara yang sepertinya berasal dari dalam kepala, bukan dari depan. Setiap instrumen panning akan tampak lebih lebar dari biasanya, dan reverb dan delay akan tampak jauh lebih lebar dan lebih dalam. Penggunaan headphone juga baik untuk melihat detail dari masing-masing instrumen dan perubahan efek pada sebuah project audio mixing.

Sebagai audio engineer profesional kita tetap membutuhkan dua perangkat ini karena setiap perangkat memiliki keunggulannya masing-masing, namun jangan pernah merasa rendah diri jika hingga saat ini masih melakukan mixing dengan headphone flat saja. Pembahasan mengenai mixing mastering mendetail bisa kalian dapatkan di Kelas Mixing Mastering Fisella.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda